top of page
  • Fitria Ramadhanti, Ns.

Peran Perawat Homecare


Perawat Homecare

Seiring dengan perkembangan zaman, peran para tenaga kesehatan akan mengalami perkembangan. Begitu pula dengan perawat, sejatinya perawat bertugas di rumah sakit. Namun, saat ini peran perawat sudah mengalami banyak inovasi, tidak hanya bekerja di rumah sakit saja namun juga bisa sebagai perawat homecare. Pada peran ini, sebenarnya tidak mengalami perbedaan yang signifikan antara perawat yang bertugas di rumah sakit dan perawat homecare. Adapun hal yang menjadi pembeda adalah tempat dimana ia akan bertugas. Perawat homecare pastinya akan bertugas secara berpindah – pindah sesuai dengan tempat tinggal pasien yang menggunakan jasa homecare tersebut. Perbedaan lainnya yaitu pada jam kerja dan jangka waktu kerja, perawat homecare biasanya tidak menjalani sistem shift seperti perawat di rumah sakit. Biasanya perawat homecare bisa saja bekerja selama 24 jam karena kondisi pasien yang memang butuh monitoring ketat. Jangka waktu perawat homecare juga biasanya tidak terlalu lama, tergantung dengan perjanjiann yang dibuat antara perawat homecare dan juga pihak pasien.

Homecare sendiri merupakan suatu pelayanan kesehatan yang dilakukan secara komprehensif yang diberikan kepada pihak keluarga pasien kepada klien atau individu di tempat tinggal mereka (rumah). Menurut National Associaton for Homecare menyebutkan bahwa pelayanan homecare disediakan kapanpun dan dimanapun disaat seseorang membutuhkan perawatan secara terus menerus yang bersifat tidak mudah dan tidak efektif jika dilakukan secara mandiri bersama keluarga ataupun teman. Berikut merupakan manfaat dan kemudahan yang diberikan apabila menggunakan jasa perawatan homecare, yaitu:

  • Homecare akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi keluarga, karena bertugas di lingkungan yang dapat diawasi oleh keluarga.

  • Perawatan yang disediakan oleh homecare bisa dalam lama waktu 24 jam dan terfokus pada 1 klien.

  • Pelayanan yang disediakan oleh homecare memberikan keyakinan akan mutu dan kualitas perawatan yang diberikan kepada pasien, karena tenaga kesehatan yang akan bertugas sudah memiliki kompetensi dan profesionalitas yang baik.

  • Pelayanan homecare akan memberikan privasi yang lebih baik bagi pasien karena memang dilakukan di tempat tinggal pasien, sehingga privasi lebih terjaga.

  • Pelayanan homecare lebih memastikan keberhasilan pendidikan kesehatan yang diberikan, perawat dapat memberi penguatan atau perbaikan dalam pelaksanaan perawatan yang dilakukan keluarga.

Perawat homecare biasanya bertugas untuk merawat pasien lansia, pasien dengan kondisi sakit kronis yang membutuhkan pengawasan ekstra, pasien bayi, dan lain sebagainya. Berikut merupakan contoh layanan perawatan homecare yaitu:

  • Layanan perawatan pasca operasi

  • Layanan perawatan luka

  • Layanan perawatan untuk lansia

  • Layanan perawatan untuk pendamping

  • Layanan perawatan baby care

Praktik perawatan homecare bisa dilakukan apabila terdapat Kerjasama antara perawat homecare, klien, dan penyelenggara jasa homecare. Berikut uraian mengenai praktik perawatan homecare, yaitu:

  • Pengelola pelayanan homecare nursing

Pengelola atau penyedia pelayanan homecare nursing merupakan suatu unit yang memiliki tanggung jawab terhadap semua pengelolaan perawatan homecare. Persiapannya meliputi penyediaan tenaga, sarana, dan peralatan serta mekanisme pelayanan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

  • Pelaksana pelayanan

Dalam hal ini pelaksana layanan meliputi tenaga keperawatan professional yang dibantu dengan adanya tenaga professional dan non professional lainnya.

  • Klien

Dalam hal ini klien yaitu sebagai seseorang yang akan menerima perawatan kesehatan di rumah yang juga melibatkan salah satu anggota keluarga sebagai penanggung jawab yang mewakili klien.

Dari hal diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan jasa perawat homecare lebih mendapatkan banyak manfaat bagi pasien yang membutuhkan perawatan khusus di rumah. Saat ini, sudah banyak penyedia pelayanan perawatan homecare yang terpercaya, dan menyediakan tenaga kesehatan khususnya perawat yang professional bagi klien.

 
Referensi

Agustina, H.R., 2009. Kajian Kebutuhan perawatan di Rumah Bagi klien dengan stroke Di Rumah sakit Daerah Cianjur.

A Potter, & Perry, A. G. (2017). Fundamentals of Nursing, 9th Edition; Mosby .

Berman, A., Snyder, S., Kozier, B., & Erb, G. (2002). Kozier and Erb’s Techniques in Clinical

Nursing (5th ed.). Pearson Education.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page