top of page
  • Fitria Ramadhanti, Ns.

Peran Dokter Visit


Dokter Visit

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi tidak luput dari kemajuan. Berbagai tren sudah mulai bermunculan satu persatu, dan terus menerus. Begitu juga dengan tren yang ada pada bidang kesehatan. Salah satu tren yang melejit seiring dengan perkembangan zaman adalah adanya pengobatan atau pelayanan kesehatan yang dilakukan langsung di rumah atau dikenal sebagai dokter home visit. Walaupun mulai berkembang dan dikenal baru – baru ini, nyatanya pengobatan atau layanan dokter home visit ini sudah ada sejak abad ke-20 sebagai suatu layanan primer bagi masyarakat. Pada saat itu banyak yang beranggapan bahwa dengan banyaknya layanan home visit maka dapat juga meningkatkan kualitas kesehatan dengan harga yang lebih murah.

Layanan dokter home visit ini sendiri merupakan sebuah layanan yang dibuat untuk menyalurkan dokter umum yang akan berkunjung ke tempat tinggal pasien. Layanan dokter home visit saat ini, masih menjadi suatu layanan yang sering dan banyak digunakan oleh para pasien lansia dan juga anak – anak. Beberapa contoh pelayanan yang dilakukan oleh dokter home visit yaitu pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan, penyakit jantung, dan penyakit kronis lansia yang biasanya memang banyak menyerang anak – anak dan juga lansia. Namun, pelayanan home visit ini tidak menutup kemungkikan juga bisa digunakan untuk semua kalangan usia.


Dengan adanya layanan dokter home visit ini, menjadikan banyak perspektif dari berbagai sisi. Perspektif bagi para pasien, layanan dokter home visit ini akan dilihat lebih bersifat secara personal dan dapat membangun suatu hubungan khusus antara pasien dan dokter. Selain itu, dengan melakukan kunjungan atau pelayanan home visit ini dapat memberikan suatu ketenangan batin serta pikiran bagi klien karena telah mengetahui bahwa dokter yang dipilih dapat memberikan waktunya untuk layanan yang diberikan kepada pasien tanpa perlu lama – lama mengantre di rumah sakit. Sedangkan perspektif bagi dokter sendiri terhadap layanan home visit ini adalah dapat memberikan bantuan bagi dokter dalam mendapatkan informasi tambahan dalam mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien.


Banyaknya permintaan di masyarakat terkait dokter home visit ini, maka semakin banyak pula perusahaan penyedia jasa layanan tersebut. Sehingga, saat ini masyarakat dengan cepat dan mudah bisa menggunakan layanan dokter home visit bagi keluarga di rumah. Dengan melakukan pemesanan pada layanan dokter home visit ini, selain dapat memberikan kenyamanan pada pasien, dokter home visit juga bisa mendapatkan informasi atau data yang lebih detail mengenai kondisi yang dialami oleh pasien dengan melakukan pemeriksaan secara langsung, menanyakan kepada keluarga mengenai riwayat penyakit, keluhan, serta lainnya, dan juga bisa melihat kondisi dari tempat tinggal pasien itu sendiri.


Dengan adanya kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan saat ini, tentunya sangat bermanfaat bagi setiap orang yang ingin berobat tetapi tidak memiliki waktu untuk pergi ke klinik atau ke rumah sakit. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa semakin berkembang dan majunya teknologi saat ini, khususnya di bidang kesehatan membutuhkan waktu penyesuaian dan adaptasi. Tetapi, perkembangan sumber daya manusia saat ini juga sangat baik, sehingga waktu untuk beradaptasi terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi di bidang kesehatan ini akan memakan waktu yang cepat sehingga demand atau tren dari layanan dokter home visit ini bisa lebih maju dan berkembang dengan baik.

 
REFERENSI

Medi Call. (2018). Dokter Home Visit di Era Digital, Lebih Nyaman dan Mudah. Diakses dari

Murti, B., Hadinoto, S. H., & Herlambang, G. (2011). Keterampilan Kedokteran Keluarga:

Kunjungan Pasien di Rumah (Home Visit). Diakses dari https://fk.uns.ac.id/static/file/Home_Visit_2011.pdf.

Universitas Pelita Harapan. (2008). Pentingnya Peran Dokter Keluarga Sebagai Kekuatan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page