top of page
  • Fitria Ramadhanti, Ns.

PERAN CAREGIVER


Caregiver Indonesia

Saat ini masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa yang mampu memberikan perawatan kepada pasien selama 24 jam penuh adalah petugas kesehatan saja. Menurut penelitian, didapatkan hasil sebesar 90% perawatan yang diberikan kepada pasien kbhususnya yang memiliki penyakit kronis diberikan oleh caregiver keluarga. Menurut data dari National Alliance for Caregivers & AARP menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 78% caregivers yaitu berasal dari keluarga itu sendiri. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan di Indonesia yang menyebut bahwa mayoritas caregivers yang merawat pasien kronis adalah keluarganya sendiri. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kontribusi dari caregivers keluarga itu sangat penting bagi pasien khususnya pasien yang memiliki penyakit kronis.

Keberadaan dari caregivers keluarga sangat dibutuhkan sekali oleh pasien yang memiliki sakit kronis (seperti pasien gagal jantung, stroke, dan lainnya). Karena, mengingat kondisi paisen yang membutuhkan perawatan yang berkelanjutan. Mengutip data dari World Health Organization (WHO) yang menjelaskan bahwa penyebab utama kematian di dunia adalah karena disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler. Pasien yang mengalami penyakit kardiovaskuler membutuhkan perawatan jangka Panjang di rumah. Oleh karena itu, keluarga harus memiliki caregivers untuk bertanggung jawab sepenuhnya dalam melakukan perawatan kepada pasien. Namun, sangat disayangkan sekali, di Indonesia sendiri keberadaan caregivers belum begitu diperhatikan.


Caregivers keluarga merupakan orang yang selalu mendampingi dan merawat pasien dengan kondisi yang kronis. Seorang caregivers memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan sehari – hari pasien. Adapun tugas dari caregivers itu sendiri selain sebagai keluarga yang membantu pasien dalam melakukan aktivitas sehari – hari, mereka juga membantu untuk mengingatkan pasien untuk rutin kontrol ke rumah sakit, mengingat waktu minum obat secara teratur, mengingatkan pasien untuk mematuhi diet yang harus dijalani, dan lain sebagainya.


Seorang caregiver keluarga menjadi tulang punggung bagi orang dewasa atau pasien dengan penyakit kronis untuk memberikan sebagian besar perawatan dan dukungan social untuk orang yang dicintai. Caregiver keluarga yang dimaksud sebenarnya adalah anggota keluarga, saudara, pasangan, teman, tetangga yang memiliki hubungan signifikan dengan pasien. Karena, menuru penelitian, sumber pendukung utama untuk mendampingi dan merawat pasien adalah keluarga itu sendiri. Dukungan keluarga dianggap sebagai pendorong utama untuk memberikan perawatan ekstensif, layanan jangka Panjang dan dukungan. Caregivers keluarga memiliki beragam tugas yang harus dilakukan untuk pasien. Tugas mereka antara lain adalah menekankan pasien dalam hal perawatan diri, memantau kepatuhan terapi, membuah janji untuk pemeriksaan medis rutin, membantu dan memnatau asupan, membantu dalam perawatan pribadi, mengamati kondisi pasien untuk gejala awal, dan lain sebagainya.


Namun, di Indonesia sendiri peran dari caregivers keluarga belum sepenuhnya masyarakat aware. Masih minimnya pengetahuan tentang caregivers itu sendiri, membuat perawatan pasien yang membutuhkan pemantauan 24 jam penuh di rumah jadi terbengkalai. Oleh karena itu, saat ini banyak penyedia jasa penyalur caregiver yang menjadi solusi bagi pasien – pasien dengan sakit kronis dalam menjalankan perawatan. Tugas dari caregivers yang diberikan oleh penyedia jasa merupakan tenaga – tenaga professional yang mampu untuk melakukan perawatan sesuai dengan tugas yang diberikan. Dengan kemudahan yang diberikan, keluarga tidak perlu khawatir terkait perawatan intensif pasien di rumah. Dengan begitu, keluarga juga masih bisa memantau perawatan yang diberikan oleh caregiver kepada pasien yang sakit di rumah, sehingga hal ini menjadi alternatif yang baik yang dapat dipilih.

 
REFERENSI

Swartz, K., & Collins, L. G. (2019). Caregiver Care. American family physician, 99(11).

Northouse, L., Williams, A. L., Given, B., McCorkle, R., & Netter, F. H. (2012). Psychosocial care for family caregivers of patients with cancer. Journal of Clinical Oncology, 30(11), 1227–1234. https://doi.org/10.1200/JCO.2011.3 9.5798



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page