top of page
  • Gambar penulisMR Waridah

Dokter, Paramedis, atau Keduanya?




Seorang paramedis berspesialisasi dalam perawatan medis darurat awal pasien, mulai dari tiba di tempat kejadian hingga membawanya ke rumah sakit. Sebaliknya, dokter umumnya bekerja di dalam rumah sakit dan mengambil alih perawatan pasien begitu pasien tiba di rumah sakit. Pertanyaan selanjutnya, apakah perbedaan dokter, paramedis, dan dokter paramedis? Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjawab pertanyaan tersebut.


DOKTER, PARAMEDIS, DAN DOKTER PARAMEDIS

Paramedis yang diterjemahkan dari bahasa Jerman dapat berarti "dokter lapangan". Paramedis adalah spesialis dengan pendidikan kedokteran dasar atau lanjutan menengah. Mereka dapat secara bersamaan menjalankan fungsi resusitasi, atau, jika dia bekerja sendiri, tetapi seringkali seorang paramedis bekerja di bawah pengawasan dokter (Fire Safety Encyclopedia, n. d). Profesi ini dianggap sangat penting dan bertanggung jawab, karena perwakilannya lah yang paling sering memberikan pertolongan pertama yang memenuhi syarat dan menyelamatkan nyawa pasien bahkan sebelum masuk ke departemen. Saat ini, seorang paramedis menempati posisi antara perawat dan dokter. Sehingga, dokter dan perawat dapat menjadi seorang paramedis, namun paramedis belum tentu adalah seorang dokter atau perawat.


Ollie (2023) memaparkan perbedaan dokter dan paramedis. Dokter secara umum bekerja di rumah sakit atau praktik dokter umum, sedangkan paramedis bekerja di ambulans yang membawa orang ke rumah sakit. Dokter bertanggung jawab atas perawatan pasien setelah mereka tiba di rumah sakit, sedangkan paramedis bertanggung jawab atas perawatan pasien sebelum pasien tiba di rumah sakit. Spesialisasi dokter dapat bermacam-macam, salah satunya adalah dokter gawat darurat, sedangkan paramedis merupakan spesialis dalam perawatan pre-hospital. Dokter dapat meresepkan obat, sedangkan paramedis tidak dapat meresepkan obat apabila tanpa kualifikasi tambahan. Paramedis melakukan prosedur penyelamatan jiwa, seperti resusitasi kardiopulmonari (CPR), defibrilasi eksternal otomatis (AED), dan penggunaan epinefrin untuk merawat pasien dengan reaksi alergi yang parah.


KESIMPULAN

Paramedis adalah spesialis dengan pendidikan kedokteran dasar atau lanjutan menengah. Mereka dapat secara bersamaan menjalankan fungsi resusitasi, atau, jika dia bekerja sendiri, tetapi seringkali seorang paramedis bekerja di bawah pengawasan dokter. Seorang paramedis menempati posisi antara perawat dan dokter. Dalam hal ini, paramedis, dokter, dan dokter paramedis memiliki tanggung jawab yang berbeda. Sederhananya, paramedis berfokus pada perawatan pre-hospital, sedangkan dokter akan mengambil alih saat pasien tiba di rumah sakit. Dokter paramedis memiliki peran gabungan antara dokter dan paramedis.

 
REFERENSI

Fire Safety Encyclopedia. (n. d). Can a paramedic become a doctor? Profession - Doctor, paramedic, nurse.

Retrieved from https://rt82.ru/en/the-job-of-a-firefighter/mozhet-li-feldsher-stat-vrachom-professiya-vrach-feldsher/

Ollie. (2023). What’s The Difference Between A Doctor And A Paramedic?. Medical School Expert UK.

Retrieved from https://medicalschoolexpert.co.uk/difference-between-a-doctor-and-paramedic/


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page