top of page
  • Gambar penulisMR Waridah

Hal yang Harus Diketahui Tentang Healthcare Assistant (HCA)


Healthcare Assistant

Peran Healthcare Assistant (HCA) menjadi bagian yang penting dari penyediaan perawatan di pelayanan kesehatan dan sosial. HCA berkontribusi dalam penyediaan perawatan modern, terutama di Indonesia. Peran HCA dalam mendukung profesional kesehatan lainnya menjadi unsur kunci di bidang kesehatan. Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah, apa itu HCA? Dimana HCA dapat bekerja? Dan apa peran serta tugas HCA? Artikel ini ditulis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.


APA ITU HCA?

Healthcare Assistant merupakan bagian dari komponen vital tenaga kesehatan. HCA adalah anggota dari tim multidisiplin yang mendukung perawatan klien di bawah pengawasan dan arahan perawat (Fee et al., 2020). HCA terlibat dalam perawatan pasien/klien baik secara langsung maupun tidak langsung. Di Indonesia, sesuai dengan peraturan UU No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, asisten tenaga kesehatan harus memiliki kualifikasi minimal pendidikan menengah di bidang kesehatan. Tujuan dari HCA adalah memastikan bahwa pasien memiliki pengalaman senyaman mungkin dan bebas dari stres akibat kondisi kesehatannya.


DIMANA HCA DAPAT BEKERJA?

Secara umum, HCA dapat bekerja di fasilitas perawatan publik, privat, maupun sektor voluntary care yang bersifat sukarela. Fasilitas perawatan yang dapat dijadikan tempat HCA bekerja berkisar dari rumah sakit umum yang menangani penyakit akut, rumah sakit bersalin dan anak, hingga fasilitas perawatan jangka panjang (Kelly, 2008). Fasilitas jangka panjang dapat berupa rumah sakit dan panti jompo yang bersifat publik, sukarela atau swasta. HCA juga bekerja di komunitas, di fasilitas penitipan anak, rumah sakit harian, dan bahkan dapat bertempatkan di rumah klien sendiri.


APA PERAN DAN TUGAS HCA?

HCA dalam praktiknya diharuskan menerapkan perawatan secara holistik. Oleh karena itu, HCA harus memastikan komponen biopsikososial dan spiritual individu terpenuhi. Dalam hal ini, HCA memiliki peran dan tugas sebagai berikut (McHugh, 2018):


Communicating

HCA berperan dalam melakukan maintain komunikasi seperti mendengar aktif, yang tujuannya adalah untuk bertukar informasi bersama dengan klien maupun staf perawat.


Breathing

Dalam konteks breathing, HCA berperan untuk mendeteksi adanya perubahan tanda pada pola pernapasan klien, dan melaporkannya kepada perawat. HCA dapat menjadi staf asisten perawat dalam membantu pasien untuk memposisikan pasien yang tujuannya adalah untuk memudahkan pasien dalam bernapas.


Eating and Drinking

Dalam aspek eating and drinking, HCA, di bawah pengawasan perawat, berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan makan dan minum klien.


Intimate Care - Elimination of Waste

HCA dapat menawarkan perawatan eliminasi kepada klien apabila klien membutuhkannya.


Controlling Body Temperature

HCA berperan dalam membantu memonitor suhu tubuh pasien dan melaporkannya kepada perawat untuk memastikan bahwa pasien dirawat dengan baik.


Intimate Care - Personal Cleansing and Dressing

Asisten Perawatan Kesehatan akan memberikan kontribusi untuk kenyamanan pasien dan pemeliharaan pribadi dengan membantu mereka, bila perlu dengan kegiatan pembersihan dan pembalutan pribadi.


Mobilizing

HCA dalam aspek mobilizing berarti berkonsultasi dengan staf perawat untuk membantu mobilisasi klien, misalnya dari tempat tidur ke kursi roda, dan sebaliknya.


Death and Dying

Aspek death and dying pasien, misalnya pada pasien kritis perlu dipenuhi HCA dengan cara melindungi martabat klien dan bersikap belas kasih kepada klien dan keluarga di masa kritisnya.


Collaboration in Other Ward Activities

Berkolaborasi dengan tim lingkungan menjadi bagian dari peran HCA. HCA adalah anggota kunci dari tim lingkungan, dan mungkin kadang-kadang diminta untuk melakukan beberapa kegiatan yang secara tidak langsung berhubungan dengan perawatan pasien.


Maintaining a Safe Environment

Menjaga klien agar berada dalam lingkungan yang aman juga merupakan bagian dari peran HCA. Dalam aspek ini, HCA dapat mengeliminasi hal-hal yang membahayakan keselamatan pasien, contohnya seperti menerapkan prinsip ergonomis ketika memindahkan pasien.


KESIMPULAN

HCA merupakan anggota dari tim yang mendukung perawatan klien di bawah pengawasan dan arahan perawat. HCA dapat bekerja di sektor manapun, termasuk sektor publik, swasta, maupun sukarela. Peran HCA memiliki range yang sangat luas, dan tujuannya adalah untuk memenuhi aspek biopsikososial dan spiritual (aspek holistik) klien.


 
REFERENSI

Fee, A., et al. (2020). The roles, responsibilities and practices of healthcare assistants in out-of-hours community

palliative care: A systematic scoping review. Palliative Medicine, 34(8), 976-988. https://doi.org/10.1177/0269216320929559

Kelly, A. (2008). Healthcare Support: A Textbook for Healthcare Assistants. Dublin: Gill and Macmillan. Retrieved from

http://www.gilleducation.ie/AcuCustom/SiteName/DAM/087/Healthcare_Support_-_Look_Inside_Sample.pdf

McHugh, S. (2018). Review of Role and Function of Health Care Assistants. Retrieved from

https://www.hse.ie/eng/staff/resources/hrstrategiesreports/health-care-assistant-review-final-report-2018.pdf

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page