top of page
  • Elizabeth Tirta Santoso

Keuntungan Menggunakan Jasa Home Care dari Rumah Sakit


Terapi oleh perawat di rumah

Di tahun 2023. permintaan terhadap tenaga kesehatan on-demand seperti perawat atau tenaga medis lainnya telah meningkat, beriringan dengan pertumbuhan populasi, urbanisasi, dan peningkatan kesadaran akan pentingnya layanan kesehatan. Adapun faktor yang berkontribusi antara lain peningkatan jumlah pasien yang memerlukan perawatan di rumah, peningkatan jumlah fasilitas kesehatan, serta permintaan akan layanan kesehatan yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Meningkatnya permintaan juga dapat dikaitkan dengan meningkatnya tingkat kekhawatiran mengenai perawatan yang dijalani di rumah sakit yang meliputi: biaya perawatan yang tinggi, pasien yang merasa cemas atau khawatir mengenai perbedaan lingkungan dan keterpisahan antara keluarga dan lingkungan, sulitnya mengambil keputusan medis akibat dari miskomunikasi dengan tim medis, terkena infeksi menular antara pasien satu dengan pasien lainnya, hingga adanya kekhawatiran mengenai efek samping atau risiko prosedur medis yang dijalani di rumah sakit yang meliputi prosedur bedah, tindakan invasif ataupun potensi dalam efek samping penggunaan obat.


Maka dari itu, adanya kecemasan dan kekhawatiran dari masyarakat, muncullah inovasi mengenai tenaga kesehatan on-demand yang menawarkan layanan home care di rumah dengan menghadirkan dokter dan perawat profesional yang sudah tersertifikasi. Dengan menggunakan jasa home care dari rumah sakit, pasien dapat mencegah penularan penyakit antara pasien satu dengan pasien lain di rumah sakit seperti infeksi nosokomial (infeksi yang didapat saat berada di rumah sakit yang dapat diperoleh ketika sistem kekebalan tubuh yang lemah), seperti infeksi saluran kemih, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi pernapasan serta infeksi akibat prosedur medis terkait kateter ataupun pada saat tindakan operasi.


Namun, bukan berarti perawatan di rumah sakit membahayakan bagi pasien karena beberapa rumah sakit modern telah dikelola dengan baik melalui penerapan protokol pengendalian infeksi yang ketat dan melakukan beberapa langkah pencegahan dan pengendalian seperti:

  1. Cuci tangan yang baik

  2. Menggunakan alat pelindung diri oleh tenaga medis

  3. Pengendalian lingkungan

  4. Mengedukasi pasien, keluarga, dan staf medis mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan menghindari penyebaran penyakit.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Комментарии


bottom of page