top of page
  • Elizabeth Tirta Santoso

Apa saja yang dapat diprovide oleh Tenaga Kesehatan Homecare?


Perawat Homecare

Perawat Rumah adalah tenaga medis profesional yang memiliki gelar keperawatan, Surat Tanda Registrasi (STR), Sertifikat Pendidikan di Dunia Keperawatan, Surat Izin Praktek (SIP), dan pengalaman dalam tugas-tugas perawat. Tugas dan peran home care adalah memastikan kebutuhan pasien yang dirawat dapat terpenuhi, mulai dari makanan, obat-obatan dan hal-hal lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang dirawat.


Salah satu tanggung jawab dan peran perawat home care, selain sebagai perawat, adalah memberikan pengawasan dan perhatian penuh kepada pasien. Perawat home care juga memiliki tugas lain yang meliputi perawatan diri seperti memandikan, merawat pasien, dan merawat pasien selama masa pemulihan. Jenis pengobatan ini biasanya hanya diberikan kepada pasien lanjut usia atau mereka yang memiliki kondisi fisik kritis yang tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Perawat home care dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan latar belakang pendidikan, tugas dan tanggung jawabnya. Secara umum, perawat kesehatan rumah terdiri dari jenis berikut:

  1. Mitra/perencana lansia, pengasuh senior memiliki minimal satu pelatihan SMK dengan fokus pada perawatan kesehatan atau kualifikasi keperawatan dan memiliki praktik merawat atau mendampingi lansia.

  2. Perawat Perawatan Rumah memiliki setidaknya pendidikan kesehatan D3 / S1 dan gelar STR dan pengalaman keperawatan.

  3. Perawat untuk ibu dan anak yang memiliki setidaknya pelatihan kebidanan dan pengalaman di bidang kebidanan dan memiliki izin praktik STR dan SIP.


Tugas home care dalam meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat Indonesia adalah memberikan layanan perawatan medis yang berkualitas kepada pasien di rumah mereka sendiri. Berikut ini adalah beberapa tugas home care yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat Indonesia:


  1. Memberikan perawatan medis yang berkualitas: Tenaga medis homecare, seperti perawat dan dokter, dapat memberikan perawatan medis yang berkualitas kepada pasien di rumah mereka sendiri. Hal ini dapat membantu meningkatkan akses pasien keperawatan medis dan memastikan bahwa perawatan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien.

  2. Meningkatkan keterlibatan keluarga dan teman dekat: Dalam jasa homecare, keluarga dan teman dekat dapat terlibat secara aktif dalam perawatan pasien. Hal ini dapat membantu meningkatkan dukungan sosial dan membantu pasien merasa lebih terhubung dengan orang-orang yang mereka cintai, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

  3. Memfasilitasi pemantauan kondisi kesehatan pasien: Tenaga medis homecare dapat memfasilitasi pemantauan kondisi kesehatan pasien secara teratur dan memberikan laporan tentang perkembangan kondisi kesehatan pasien kepada keluarga dan dokter yang merawat. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa perawatan medis yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien dan membantu mencegah komplikasi kesehatan.

  4. Menyediakan peralatan medis: Homecare juga dapat membantu menyediakan peralatan medis yang dibutuhkan oleh pasien di rumah mereka, seperti alat bantu pernapasan, alat pengukur tekanan darah, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan akses pasien ke peralatan medis dan membantu memastikan bahwa perawatan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien.


Secara keseluruhan, tugas home care dalam meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat Indonesia adalah memberikan layanan perawatan medis yang berkualitas dan memastikan bahwa pasien menerima perawatan medis yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page