top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Melepas Penat: Strategi Kesehatan untuk Orangtua Menjaga Energi saat Merawat Bayi

Merawat bayi adalah pekerjaan penuh waktu yang menguras energi, dan bagi orangtua, kelelahan seringkali menjadi tantangan utama. Dalam artikel ini, kita akan membahas strategi kesehatan yang dapat membantu orangtua mengatasi kelelahan dan menjaga energi selama merawat bayi.


Prioritaskan Tidur Berkualitas

Tidur berkualitas adalah kunci utama untuk mengatasi kelelahan. Meskipun tantangan merawat bayi dapat mengganggu pola tidur, usahakan untuk tidur selama bayi tidur. Pertimbangkan untuk berbagi tanggung jawab merawat bayi dengan pasangan untuk memastikan kedua orangtua mendapatkan waktu istirahat yang cukup.


Tetap Aktif

Meskipun merawat bayi dapat menjadi tugas yang menguras, tetap aktif dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Sisipkan kegiatan olahraga ringan ke dalam rutinitas harian, seperti berjalan-jalan singkat di luar rumah atau melakukan latihan sederhana di rumah.


Nutrisi Seimbang

Makanan memiliki dampak langsung pada tingkat energi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi, termasuk buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks. Hindari bergantung pada makanan tinggi gula, karena ini dapat menyebabkan penurunan energi setelah lonjakan singkat.


Manfaatkan Dukungan Sosial

Berbagi tugas dengan pasangan atau keluarga dapat membantu mengurangi beban dan memberikan waktu untuk istirahat. Membangun jaringan dukungan sosial juga dapat memberikan ruang untuk berbagi pengalaman dan memperoleh tips yang bermanfaat dari orangtua lain.


Istirahat Singkat yang Terjadwal

Menyisihkan waktu untuk istirahat singkat yang terjadwal dapat membantu mengatasi kelelahan. Bahkan, beberapa menit istirahat dapat memberikan penyegaran dan meningkatkan konsentrasi.

Comments


bottom of page