top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Menghadapi Tantangan: Mengenal Tanda-tanda Kesehatan Darurat pada Bayi dan Pertolongan Pertama yang

Mengetahui tanda-tanda kesehatan darurat pada bayi adalah keahlian yang penting bagi setiap orangtua. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tanda kesehatan darurat pada bayi dan langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat menyelamatkan nyawa mereka.


Sulit Bernapas

Jika bayi kesulitan bernapas atau mengalami napas yang cepat dan dangkal, ini bisa menjadi tanda kesehatan darurat. Pertama-tama, pastikan jalur napasnya terbuka dan bebas dari obstruksi. Jika masalah terus berlanjut, segera hubungi layanan darurat.


Warna Kulit yang Berubah

Perubahan warna kulit menjadi kebiruan atau keabu-abuan dapat menjadi tanda masalah pernapasan atau sirkulasi. Perhatikan tanda ini dan segera cari bantuan medis jika perubahan warna kulit tidak membaik.


Kesulitan Makan atau Minum

Jika bayi menunjukkan kesulitan makan atau minum, mungkin ada masalah yang perlu segera diatasi. Periksa apakah ada tanda-tanda tersedak atau kesulitan menelan. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika situasi memburuk.


Kejang

Kejang pada bayi dapat menunjukkan masalah serius seperti demam tinggi atau masalah neurologis. Pertolongan pertama melibatkan meletakkan bayi di tempat yang aman dan menjauhkannya dari benda-benda tajam. Segera hubungi dokter atau ambulans.


Kehilangan Kesadaran

Jika bayi kehilangan kesadaran, pertolongan pertama melibatkan memeriksa napas dan memberikan resusitasi jika diperlukan. Hubungi bantuan medis secepatnya.

Comments


bottom of page