top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Perlindungan terhadap Kanker Serviks

Perlindungan terhadap kanker serviks adalah hal penting yang dapat dilakukan melalui beberapa langkah preventif. Vaksinasi adalah salah satu langkah utama dalam pencegahan kanker serviks. Vaksin HPV (Human Papillomavirus) telah terbukti efektif dalam mencegah infeksi HPV, yang merupakan penyebab utama kanker serviks. Vaksin ini direkomendasikan untuk perempuan dan laki-laki usia 9 hingga 26 tahun.


Selain vaksinasi, pemeriksaan Pap smear secara teratur juga penting untuk deteksi dini kanker serviks. Pap smear adalah tes sederhana yang dilakukan untuk memeriksa sel-sel serviks dan mendeteksi perubahan prakanker atau kanker serviks pada tahap awal. Perempuan disarankan untuk melakukan Pap smear setiap 3 tahun sekali mulai usia 21 tahun atau lebih muda jika mereka telah aktif secara seksual.


Penting juga untuk menghindari faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker serviks. Ini termasuk tidak merokok, menggunakan kondom saat berhubungan seks, mengurangi jumlah pasangan seksual, dan menjaga kebersihan pribadi. Melakukan gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan yang sehat juga dapat membantu mengurangi risiko kanker serviks.


Terakhir, penting untuk selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan tentang langkah-langkah pencegahan kanker serviks yang tepat. Dengan melakukan langkah-langkah ini, perempuan dapat melindungi diri mereka sendiri dari risiko kanker serviks dan menjaga kesehatan reproduksi mereka.


Comments


bottom of page