top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Peran Vital Tenaga Teknisi Medis dalam Pemeriksaan Klinis

Tenaga Teknisi Medis (TTM) memegang peran penting dalam perawatan kesehatan dengan melaksanakan pemeriksaan klinis yang akurat dan membantu memastikan bahwa pasien menerima perawatan yang sesuai. Dalam lingkungan perawatan kesehatan, TTM bekerja sama dengan dokter dan perawat untuk menyediakan layanan yang efisien dan berkualitas. Berikut adalah peran penting mereka dalam pemeriksaan klinis:


  1. Pengambilan Riwayat Kesehatan: TTM mendokumentasikan riwayat kesehatan pasien dengan teliti. Mereka mengumpulkan informasi tentang gejala, riwayat penyakit, obat-obatan yang sedang digunakan, dan alergi. Informasi ini membantu dokter dalam membuat diagnosis yang tepat.

  2. Pengukuran Tanda-Tanda Vital: Mereka melakukan pengukuran tanda-tanda vital seperti tekanan darah, denyut nadi, suhu, dan pernapasan. Hasil pengukuran ini memberikan gambaran kesehatan umum pasien dan menjadi acuan penting dalam perawatan medis.

  3. Mempersiapkan Pasien: TTM membantu mempersiapkan pasien untuk pemeriksaan atau prosedur medis. Mereka menjelaskan prosedur yang akan dilakukan, memberikan dukungan emosional, dan menjawab pertanyaan pasien.

  4. Koleksi Sampel: Mereka mengambil sampel darah, urin, dan cairan tubuh lainnya untuk analisis laboratorium. Hasil tes ini digunakan untuk mendukung diagnosis dan perencanaan perawatan.

  5. Mendukung Dokter dan Perawat: TTM bekerja erat dengan dokter dan perawat dalam merawat pasien. Mereka membantu mengkoordinasikan perawatan, memberikan laporan hasil pemeriksaan, dan mengikuti instruksi medis dengan cermat.

Commentaires


bottom of page