top of page
  • Elizabeth Tirta Santoso

Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Home Care? Kok bisa?


Perawat Homecare

Sebelum membahas caranya meningkatkan kualitas hidup dengan Home care, kita harus lebih dahulu memahami layanan tersebut. Jadi, apa itu Home care? Home care rumah sakit adalah bentuk layanan kesehatan yang diberikan di rumah pasien oleh tenaga medis seperti perawat, dokter, dan terapis dengan tujuan untuk memberikan solusi praktis bagi pasien yang membutuhkan perawatan dalam jangka panjang, namun sulit untuk datang ke rumah sakit atau mengakses layanan kesehatan.


Dalam konteks kekurangan tenaga medis, home care rumah sakit dapat membantu mengatasi kekurangan tersebut dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara lebih efektif. Penggunaan jasa homecare di Indonesia diperkirakan meningkat seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan kesehatan yang terjangkau dan nyaman di rumah. Selain itu, dengan adanya pandemi COVID-19, penggunaan jasa homecare juga meningkat karena pasien yang terinfeksi COVID-19 atau pasien dengan kondisi kesehatan yang rentan ingin menghindari risiko terinfeksi di rumah sakit dan lebih memilih untuk menerima perawatan di rumah mereka. Tenaga medis yang tersedia dapat memberikan perawatan kesehatan kepada pasien di rumah mereka, sehingga dapat mengurangi kebutuhan untuk pasien datang ke rumah sakit untuk perawatan.


Dalam hal meningkatkan kualitas hidup pasien, home care rumah sakit dapat memberikan perawatan kesehatan yang lebih personal dan terfokus pada kebutuhan individu pasien. Pasien dapat menerima perawatan yang lebih terintegrasi dan komprehensif, termasuk pengobatan, perawatan luka, perawatan paliatif, dan rehabilitasi. Selain itu, pasien dapat merasa lebih nyaman dan aman berada di rumah mereka sendiri, yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.


Berikut beberapa manfaat dari menggunakan jasa homecare:

  • Menambah kapasitas perawatan pasien dengan tenaga medis yang terlatih dan berkualitas. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan pada tenaga medis di rumah sakit yang terbatas.

  • Meningkatkan kualitas perawatan yang diberikan oleh tenaga medis homecare biasanya lebih fokus pada pasien, karena perawat akan memberikan perhatian khusus pada pasien yang dirawat di rumah. Dengan demikian, kualitas perawatan yang diberikan akan meningkat.

  • Pasien dapat menerima perawatan di rumah sehingga tidak perlu dirawat di rumah sakit, namun dapat menerima perawatan di rumahnya sendiri. Hal ini akan membantu pasien merasa lebih nyaman dan cepat pulih.

  • Mengurangi biaya perawatan yang biasanya lebih mahal daripada perawatan di rumah. Dengan menggunakan jasa home care, biaya perawatan pasien dapat dikurangi.

Dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara lebih efektif, home care rumah sakit dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien dan mengatasi kekurangan tenaga medis.

Healthpro.id adalah platform terdepan yang membantu fasilitas kesehatan untuk memiliki layanan homecare sehingga dapat memberikan perawatan lanjutan dengan lebih baik untuk pasien.





Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page