top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Makanan Sehat yang Membantu Mencegah Penyakit untuk Lansia

Makanan sehat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan lansia dan mencegah berbagai penyakit yang sering terjadi pada usia lanjut. Konsumsi makanan bergizi dan seimbang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan tulang.


Berikut adalah beberapa makanan sehat yang dapat membantu mencegah penyakit pada lansia:

  1. Sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan brokoli, mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  2. Buah-buahan, seperti apel, jeruk, dan berry, mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel.

  3. Ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan tuna, mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

  4. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian utuh, mengandung serat, protein, dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan pencernaan dan jantung.

  5. Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, seperti susu, yogurt, dan keju, mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang.



Selain memilih makanan sehat, penting juga bagi lansia untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, gula tambahan, dan garam berlebihan. Menjaga pola makan yang seimbang dan aktif secara fisik juga merupakan faktor penting dalam mencegah penyakit pada usia lanjut. Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan memperhatikan asupan makanan, lansia dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko penyakit yang sering terjadi pada usia lanjut.



Comments


bottom of page