top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Kapan Sebaiknya Perempuan Melakukan Vaksinasi HIV?

Vaksinasi HIV adalah langkah preventif penting dalam mengurangi risiko penularan virus HIV. Perempuan sebaiknya mempertimbangkan untuk melakukan vaksinasi HIV terutama jika mereka berisiko tinggi terpapar virus tersebut. Berikut adalah beberapa situasi di mana sebaiknya perempuan melakukan vaksinasi HIV:


1. Sebelum menjadi aktif secara seksual: Vaksinasi sebelum menjadi aktif secara seksual dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap infeksi virus HIV.


2. Sebelum memulai hubungan seksual dengan pasangan baru: Jika perempuan akan memulai hubungan seksual dengan pasangan baru atau memiliki lebih dari satu pasangan seksual, vaksinasi HIV sebelumnya dapat membantu mengurangi risiko terpapar virus.


3. Jika memiliki pasangan yang HIV positif: Jika pasangan perempuan memiliki HIV, vaksinasi HIV dapat membantu melindungi perempuan dari risiko penularan virus.


4. Jika bekerja dalam bidang kesehatan atau memiliki risiko tinggi lainnya: Perempuan yang bekerja dalam bidang kesehatan atau memiliki risiko tinggi lainnya, seperti pengguna narkoba suntik atau memiliki riwayat infeksi menular seksual lainnya, sebaiknya mempertimbangkan untuk melakukan vaksinasi HIV.



Penting untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang kompeten untuk menentukan apakah vaksinasi HIV diperlukan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Selain itu, tetap menjaga perilaku seksual yang aman dan melakukan tes HIV secara teratur juga merupakan langkah-langkah penting dalam mencegah penularan virus HIV.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Σχόλια


bottom of page