top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Fakta vs. Mitos tentang Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling umum terjadi pada wanita, tetapi masih banyak kesalahpahaman atau mitos seputar kondisi ini. Penting untuk memahami perbedaan antara fakta dan mitos tentang kanker serviks agar dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.


Salah satu mitos tentang kanker serviks adalah bahwa hanya wanita yang aktif secara seksual yang dapat terkena kanker ini. Faktanya, infeksi virus HPV, yang merupakan penyebab utama kanker serviks, dapat terjadi pada wanita yang tidak aktif secara seksual atau hanya memiliki satu pasangan seksual.


Mitos lain adalah bahwa vaksin HPV hanya efektif jika diberikan sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual. Faktanya, vaksin HPV masih efektif dalam mencegah infeksi virus HPV pada wanita yang sudah aktif secara seksual.


Selain itu, ada mitos yang menyatakan bahwa pap smear atau tes pap dapat menyebabkan infertilitas. Faktanya, tes pap adalah prosedur yang aman dan tidak berisiko menyebabkan infertilitas.


Penting untuk mendapatkan informasi yang benar tentang kanker serviks dan mengabaikan mitos yang tidak berdasar. Dengan pemahaman yang benar, wanita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, seperti vaksinasi HPV dan pemeriksaan pap smear secara teratur, untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page