top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Dibalik Tirai Putih: Perawat On-Demand yang Menghadirkan Dukungan Tak Tergantikan

Dalam lingkungan rumah sakit yang sibuk, perawatan pasien memerlukan kerjasama tim yang efisien. Salah satu elemen penting dalam tim perawatan adalah perawat on-demand, yang memiliki peran krusial dalam memberikan dukungan medis kepada pasien dan menjaga kualitas perawatan. Berikut adalah beberapa aspek penting peran perawat on-demand dalam perawatan pasien rumah sakit.


  1. Menjawab Kebutuhan Darurat: perawat on-demand siap sedia untuk merespons situasi darurat yang mungkin terjadi dalam rumah sakit. Mereka dilatih untuk menangani situasi yang memerlukan perhatian segera, seperti pemberian obat-obatan, perawatan luka, atau penanganan pasien yang mengalami gejala mendesak.

  2. Memantau Kondisi Pasien: perawat on-demand bertanggung jawab untuk memantau kondisi pasien secara teratur. Mereka dapat memeriksa tanda-tanda vital, mengukur tekanan darah, suhu, dan mengawasi respons pasien terhadap perawatan medis yang diberikan.

  3. Memberikan Dukungan Emosional: selain perawatan medis, perawat on-demand juga berperan dalam memberikan dukungan emosional kepada pasien. Mereka dapat menjawab pertanyaan, memberikan informasi tentang perawatan, dan memberikan kenyamanan kepada pasien yang sedang menghadapi situasi sulit.

  4. Koordinasi Perawatan: perawat on-demand berkolaborasi dengan tim perawatan lainnya, seperti dokter dan terapis fisik, untuk memastikan pasien mendapatkan perawatan yang terkoordinasi dan komprehensif. Mereka berfungsi sebagai penghubung penting dalam tim perawatan pasien.

  5. Edukasi Pasien dan Keluarga: perawat on-demand juga berperan dalam memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga tentang kondisi medis, perawatan yang diberikan, dan langkah-langkah pencegahan. Ini membantu pasien dan keluarga memahami proses perawatan dan membuat keputusan yang lebih informan.


Comments


bottom of page