top of page
  • Gambar penulisElizabeth Santoso

Apa itu kardiovaskular? Apa berbahaya?

Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah kondisi yang melibatkan jantung atau pembuluh darah. Ini termasuk penyakit jantung koroner (penyumbatan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung), stroke (gangguan aliran darah ke otak), penyakit pembuluh darah perifer (gangguan aliran darah ke anggota tubuh lainnya), dan penyakit jantung bawaan (kelainan pada struktur jantung yang hadir sejak lahir).


CVD merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia, dengan faktor risiko utama termasuk merokok, kurangnya aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Gejala CVD dapat bervariasi tergantung pada jenisnya, tetapi gejala umum termasuk nyeri dada, sesak napas, kelelahan yang tidak biasa, denyut jantung yang tidak teratur, dan pusing atau pingsan.


CVD berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi serius seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, atau kematian mendadak. Oleh karena itu, deteksi dini dan pengelolaan faktor risiko sangat penting untuk mencegah CVD. Tes kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, tes darah untuk kolesterol dan gula darah, serta elektrokardiogram (EKG) dapat membantu dalam deteksi dini CVD.


Penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat untuk mencegah CVD, termasuk berhenti merokok, menjaga berat badan yang sehat, makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, mengelola stres, dan rutin memeriksakan kesehatan. Konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis untuk penilaian risiko pribadi Anda dan langkah-langkah pencegahan yang tepat.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page